Great Leader: Kunci Sukses Dari Teamwork

Sabtu, Juni 03, 2017
Photo: www.pexel.com (re-author)


Menjadi seorang pemimpin sebuah tim tidaklah sebuah perkara mudah yang bisa dianggap enteng, beban yang sangat besar dan tantangan hebat menantinya didepan sana. 

Tidak semua orang bisa memimpin anggotanya untuk mencapai tujuan tertentu, karena tidak semua orang yang memiliki dan tahu sifat kepemimpinan tersebut. Sifat tersebut tidak diperoleh dengan mudah begitu saja, namun bisa dilatih dengan mengembangkan teori - teori yang ada. Karena kesuksesan timmu tergantung bagaimana seorang pemimpin bertindak, berikut ini karakter dan hal yang harus disadari seorang pemimpin:

Jujur dan Adil
Ini merupakan sikap sederhana yang diimpikan dari seorang pemimpin, terbuka kepada anggotanya dan orang lain. Hindarilah membentuk kubu - kubu dalam teamwork yang kamu pimpin, kuncinya adalah ingat bahwa kamu adalah pemimpin tertinggi dalam lingkungan tersebut dan bersikap adillah dan jujur kepada nggota timmu. Seorang pemimpin tidak akan memiliki tujuan yang berbeda dengan timnya oleh karena itu pemimpin harus bersikap adil terhadap semua rekan kerjanya, posisikan diri anda pada orang diri orang yang anda pimpin sebelum anda memberikan komando tertentu.

Tegas dan Disiplin

"Kamu boleh dengarkan apa yang anggota tim-mu katakan, tapi tidak satupun dari apa yang mereka katakan harus kamu lakukan. Kamu adalah pemimpin tertinggi dalam tim-mu dan kamu tahu apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu" - Adbi Pratama

Memiliki komitmen kuat dan selalu tepat waktu terhadap suatu hal yang dikomandonya. Seharusnya seorang pemimpin harus tergas dan tidak mudah dipatahkan argumennya dan teguh pendirian tidak mudah dogoyahkan hanya karena hembusan angin laut saja. Selain itu kamu juga harus tepat waktu, tidak mudah untuk mengembalikan waktu yang sudah kamu buang sia - sia hanya untuk mendengarkan pendapat orang lain dan kamu sendiri tidak bisa teguh dengan apa yang kamu tegaskan.

Punya Wawasan dan Paham Masalah
Menjadi pimpinan sebuah tim kerja tentunya kamu tahu apa tujan dari kepemimpinan yang kamu pegang, tidak mungkin kamu memimpin kerja juru masak sebuah restoran yang sedangkan kamu sendiri tidak paham dan ahli dalam bidang tersebut. Kamu seharusnya paham dengan keadaan yang kamu pimpin, kamu mengerti semua yang dilakukan oleh tim kerjamu. Kamu tidak hanya sekedar memerintah mereka dengan komando - komando yang kamu berikan tanpa tahu apa yang tim-mu kerjakan.


Membagi Tugas Dengan Tepat
Kamu tidak bisa memberikan perintah dan batas tenggang kepada tim kerja yang kamu pimpin sesuka hatimu. Ingat, perlakukan tim yang kamu pimpin seperti dirimu sendiri. Kamu tidak mungkin memerintahkan seorang dokter untuk memasak sebuah hidangan lezat untuk sebuah acara kenegaraan, tapi kamu sebagai pemimpin harusnya tahu kemampuan yang dimiliki oleh anggota kerjamu bukan memaksa mereka untuk mengerjakan kehendakmu.


Berfikir Kreatif
Seorang pemimpin seharusnya lebih tahu apa yang dia butuhkan untuk mewujudkan tujuannya dari pada rekan tim kerja yang kamu pimpin. Kamu lebih tahu apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan sehingga kamu tidak perlu dengan komentar oranglain yang menurut mereka lebih baik untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan karena kamu adalah pemimpin yang lebih tau apa yang terbaik untuk tim kalian. Pemimpin tidak hanya berkata "iya, terserah anda yang penting bagus" dalam menjawab semua pertannyaan tim kerja yang kamu pimpin. Tapi, kamu harus lebih bisa berfikir diatas tim kerja yang kamu pimpin.


Kamu Hebat tapi Tim-mu Jauh Lebih Hebat

"Ketika kamu sudah berdiri dipuncak tertinggi, lihatlah kebawah! kamu memulainya dari tempat tersebut" - Adbi Pratama

Ketika pencapaian tujuan kamu telah terwujud, jangan berkata dan merasa bahwa kamu hebat dan jangan terlalu larut dalam pujian atas hasil kerja-mu. Ingatlah, tanpa tim kerja-mu, kamu tidak ada apa - apanya kesuksesan tersebut adalah hasil kerja keras tim mu bukan kamu sendiri. Ketika kamu sudah berada diatas lihatlah tim-mu yang ada dibawah, katakan "Terimakasih, Kalian Semua Hebat dan Luar Biasa" semuanya itu kerjakeras kalian bukan kamu sendiri. Jangan angkuh karena tujuanmu sebagai pemimpin sudah terwujud dan larut dalam pujian disekitarmu.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.