Hal Sederhana yang Bisa Buat Jerawatan - My Acne Story 001

Selasa, Juli 21, 2020


Halo rumah online yang sudah lama aku tinggalkan, kayaknya udah hampir tiga tahun aku nggak pernah update tulisan lagi, entah itu di blog atau tumblr. Alasan utamanya ya tentu saja malas, tapi yang paling menghambat pikiranku untuk tetap menulis...

“Di tahun 2020 ini siapa sih orang yang masih mau baca tulisan diblog?”

“bukannya lebih mudah dengan nonton YouTube?”

“Tulisan di blog itu terlalu bertele-tele, lebih mudah baca utas ditwiter”

Beberapa pola pikir itu yang bisa buat aku bertahan selama hampir tiga tahun vakum dan mantap untuk tidak menulis di platform manapun, huh!

Hahaha percayalah itu bukan sebuah bentuk pembelaan. Tapi semoga saja dengan tulisan ini menjadi jalan pembuka untuk tulisan-tulisanku yang akan datang, berhubung sekarang menulis tidak perlu repot repot lagi memencat papan ketik dan bisa dengan leluasa menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan hanya dengan perintah suara. Mudahkan? *sambil kayang juga bisa haha*

____________________________________


Dua tahun belakangan ini aku sangat bersyukur karena bisa hidup dengan tenang dan lepas dari mimpi buruk hidup bersama jerawat, apalagi dulu itu kalau dipikir pikir jerawatku tidak datang satu atau dua saja tapi selalu datang secara berkelompok. Parahnya juga jerawatku itu dulu nggak kenal musim, bodo amat tiap hari ada aja yang baru. Sebenarnya nggak masalah sih, cumann kadang yang bikin males itu jerawatnya gak cuma merusak penampilan tapi juga menyiksa, kesenggol dikit sakitnya saudaraan sama sariawan, tapi gak sampai menderita kayak sakit gigi sih hahaha.

Pada tulisan kali ini aku akan coba sharing beberapa hal yang aku sadari ternyata bisa memicu jerawat muncul walaupun untuk saat ini dimana jerawatku gak separah dulu. Aku akan coba menulis poin poin nya dalam paragraf yang singkat semoga saja, berikut beberapa hal sederhana yang ternyata bisa memicu jerawat:

Dehidrasi
Kalau tubuh kita dehidrasi akan langsung berdampak ke kulit yang menjadi kering (gak tau deh ya, ini pengalaman pribadi). Semenjak kuliah dan hidup menjadi anak kos tingkat konsumsi air putihku (bahasanya yatuhan) bisa dibilang cukup agak berlebihan, dalam seminggu aku bisa menghabiskan dua galon Aqua sendirian. Kenapa kulit yang terdehidrasi itu penting, karena ketika wajah kering maka kulit akan memproduksi minyak untuk menjaga wajah kita tetap lembab, tapi karena tidak ada kontrol minyak yang dihasilkan berlebih dan mengakibatkan pori pori tersumbat Dan debu polusi mudah menempel. Sederhananya kunci wajah bersih dari jerawat adalah kulit yang bersih dan lembab, ya setidaknya itu berdasarkan pengalaman pribadiku haha.

Kacang dan Makanan Berminyak?
Sebenarnya ini tidak terlalu penting bagiku karena pada dasarnya sesuatu yang dimakan atau dikonsumsi berlebihan itu tidak baik. Jadi sederhananya yang aku lakukan adalah untuk menjaga porsi makanan yang aku konsumsi khususnya jumlah protein yang masuk ke dalam tubuh. Ada yang bilang “jangan makan telur sering - sering nanti beruntusan” Ya begitulah porsinya saja yang disederhanakan dan jangan keseringan.

Mencuci Wajah dengan Sabun Pembersih
Percaya atau tidak kebanyakan sabun pembersih wajah Itu membuat wajah menjadi kesat dan kehilangan kelembapan alami nya. Dulu aku termasuk orang yang berlebihan dalam menggunakan sabun pembersih wajah, misalnya saja setiap selesai keluar rumah atau beraktivitas aku selalu membersikan wajah dengan sabun pembersih. Dalam sehari aku bisa sampai empat kali mencuci wajah dengan sabun pembersih, Dan akibatnya kulit wajahku jadi kering dan malah memproduksi minyak yang berlebih. Untuk sekarang dalam sehari aku hanya menggunakan sabun wajah pada pagi dan malam sebelum tidur saja. Iya lagi lagi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Selalu pastikan wajah kita selalu dalam kondisi bersih, untuk teman teman yang beragama Islam rasanya tidak perlu khawatir untuk lupa membersihkan wajah karena memang sejatinya air Wudu itu adalah skincare yang luar biasa, selain membersikan wajah dalam lima waktu tentunya juga akan menjaga kelembapan wajah seharian. Luar biasa!

Menyentuh wajah
Dua tahun terakhir di SMA aku sudah tidak pernah lagi mengeringkan wajah dengan handuk atau membiarkannya kering dengan sendirinya. Setiap selesai membersikan wajah atau mengambil Wudu aku selalu menggunakan tisu untuk membersikan sisa sisa air yang masih tersisa sesudah sholat. Entahlah benar atau tidak menggunakan handuk itu terasa tidak bersih saja, karna handuk kalau dijemur pasti ada debu yang menempel, kalau tidak dijemur pasti lembab (handuk wajah).

Facewash saja cukup?
Jawabannya tentu saja tidak, seperti yang tadi sudah aku jelaskan di atas jangan biarkan wajahmu itu kering setelah selesai menggunakan pembersih wajah. Setelah menggunakan Facewash hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mengembalikan kelembaban wajah yang hilang. Untuk itu kita bisa menggunakan toner yang mengandung Hydrating atau yang paling mudah dan tentunya murah dengan menggunakan Micellar Water. Selain untuk menghidrasi kulit wajah, Micellar water ini juga akan mengangkat sisa sisa kotoran yang masih menempel di kulit wajah.

Sprei dan Bed Cover
Ini juga nggak kalah penting, jangan lupa untuk mengganti sprei dan bedcover dengan rutin. Ya paling rajin seminggu sekali lah. Tapi kalau kamu yakin masih bersih ya terserah, perkirakan saja. Akupun kadang malas, yang paling niat setiap dua minggulah, itupun untuk tidur aku kasih kain bersih dikepala biar nanti kalau tiba tiba posisi tidur ganti wajah gak nempel langsung ke bantal. Ribet? Enggak lah! Daripada ganti sprei dan bedcover seminggu sekali Males woy!

Menjaga Kebersihan Rambut
Yang tidak kalah penting juga adalah menjaga kebersihan rambut, jangan lupa untuk keramas dan membersihkan rambut setidak tidaknya dua kali dalam seminggu. Ingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, ketika kita terlalu sering keramas maka kulit kepala akan menghasilkan minyak berlebih nah minyak ini juga bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah. Bisa saja melakukan keramas setiap hari asalkan dengan menggunakan shampo khusus yang memang boleh digunakan setiap hari. (Misalnya akhir akhir ini aku menggunakan Tresemme Shampoo Ginger &Green Tea *setiap hari)

Jauh jauh dari Stress
Buat hidup kita senyaman mungkin, jangan terlalu banyak pikiran buang semua hal hal yang tidak penting apalagi sesuatu yang tidak ada sangkut-pautnya dengan kehidupan kita. Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa stress dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Tapi Berdasarkan pengalaman pribadi ketika aku punya jerawat pasti sedang sibuk sibuknya over thinking hahaha. Sekali lagi dan terakhir kalinya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

***

Oke mungkin cukup sampai di sini dulu tulisanku tentang Hal Sederhana yang Bisa Buat Jerawatan berdasarkan pengalaman pribadi yang barangkali juga cocok dengan masalahmu. Sampai bertemu ditulisan - tulisanku yang akan datang entah di cerita yang sama atau berbeda. See you!

_______

Maaf ditulisan ini banyak keyword dan bahasa yang tidak nyambung karna saya mencoba untuk memperbaiki index google ke blog ini dengan menyelipkan beberapa kata kunci. Terimakasih.




Diberdayakan oleh Blogger.