Memilih dan Menggunakan Cleanser yang Tepat - My Acne Story 002

Jumat, Juli 24, 2020



Banyak dari kita (read: pria) yang bingung saat pertama kali mulai mencoba merawat wajah, selain karena pilihan produk yang terbatas juga disebabkan sedikitnya informasi yang tersedia. Dulu waktu SMA temanku pernah Coba coba ingin menggunakan pembersih wajah foam cleanser, Sebelumnya dia sama sekali tidak pernah menggunakan produk pembersih wajah dan sejenisnya, alih alih ingin membuat wajah bersih malah menjadi petaka, wajahnya tiba tiba break out dan muncul jerawat jerawat kecil dengan jumlah yang banyak.

Sebelum mencoba dan memilih berbagai jenis cleanser, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis kulit yang kita miliki. Dengan begitu akan lebih mudah bagi kita nantinya untuk memilih cleanser yang tepat dan meminimalisir  hal yang tidak dinginkan. Berikut ini infografis sederhana tentang mengenali jenis kulit wajah pada pria



Setelah mengenali jenis kulit yang kita miliki, selanjutnya kita hanya perlu untuk menyesuaikan produk yang akan kita gunakan dengan jenis kulit atau skin type yang kita miliki. Kebanyakan produk yang tersedia sekarang ini pada umumnya sudah memberikan instruksi dan penjelasan tentang cara penggunaan dan jenis kulit yang cocok dengan produk tersebut.

Yang perlu di garisbawahi secara umum adalah, jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih wajah yang dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami pada kulit (umumnya produk cleanser jenis foam). Ketika wajah kering, kulit akan memproduksi minyak alami yang membuat wajah menjadi lembab, namun ketika kita terlalu sering menggunakan cleanser dan wajah menjadi kering dan produksi minyak pada kulit akan meningkat. Sehingga penting bagi kita untuk Menjaga kulit wajah tetap lembab dan terhidrasi (memiliki kadar air yang cukup).

Aku sendiri menggunakan dua tipe cleanser untuk merawat kulit, secara umum dikenal dengan istilah double cleanser. pertama menggunakan produk dengan jenis water cleanser dan yang kedua menggunakan foam cleanser.

Micellar Water (Water Cleanser)
Micellar water adalah cleanser dengan bahan dasar air yang mampu mengangkat kotoran yang bahkan tidak hilang sekalipun menggunakan facial foam (sabun wajah). Produk water cleanser ini biasanya digunakan sebelum membersihkan wajah dengan foam cleanser, walaupun dalam intstruksinya dapat digunakan tanpa dibilas dengan air sekalipun.

Facial Foam (Foam Cleanser)
Facial Foam biasanya berbentuk busa atau pasta yang akan menghasilkan banyak busa ketika digunakan. Foam cleanser biasanya digunakan untuk melenyapkan sisa sisa minyak pada kulit wajah dan cocok digunakan untuk mereka dengan kondisi kulit wajah yang berminyak dan kombinasi, namun perlu jenis facial foam khusus bagi orang orang yang memiliki kulit kering

Berikut ini beberapa produk yang pernah dan sedang aku gunakan sebagai cleanser untuk merawat kulit wajah berjerawat:


Garnier Micellar Water

Produk Garnier ini menurutku sangat efektif dalam mengangkat kotoran yang ada pada wajah yang bahkan tidak hilang dengan menggunakan foam cleanser. Selain itu produk ini juga tidak memiliki bau yang menyengat seperti produk produk sejenis, kemudian Garnier juga memiliki beberapa variasi untuk jenis kulit yang berbeda sehingga kita bisa memilih produk Yang sesuai dengan kondisi kulit yang kita miliki. Aku sendiri menggunakan micellar water dengan variasi khusus untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat, hingga saat ini setelah tiga tahun lebih menggunakannya tidak ada masalah sama sekali.


Nivea MicellAIR Skin Breathe

Pernah sekali iseng untuk coba coba produk water cleanser lain, dan ternyata tidak cocok. Produk nivea ini punya bau sedikit lebih menyengat dibandingkan dengan produk milik Garnier (seperti bau ubi fermentasi). Selain itu, sensasi produk ini ketika bersentuhan dengan kulit wajah terasa berat dan tidak memiliki kekuatan mengangkat noda sebagus produk Garnier Micellar Water.


Garnier Man Acno-Fight Wasabi Anti Bactrria


Produk ini diklaim memiliki anti bakteri yang dapat melawan penyebab jerawat. ketika digunakan produk ini memiliki bau yang sedikit kuat namun masih bisa dimaklumi, ketika bersentuhan dengan kulit wajah produk ini akan meninggalkan sensasi dingin setelah penggunaan. Untuk beberapa waktu aku cocok dengan produk ini, namun setelah beberapa bulan penggunaan jerawat masih tetap saja datang dengan waktu yang saling bergantian. Produk ini juga diklaim memiliki efek whitening walaupun pada kasus kulit wajahku tidak begitu memberikan hasil yang signifikan.


Garnier Man Acno-Fight Anti Acne Scrub

Setelah beralih dari produk sebelumnya aku menggunakan variasi lain dari seri Garnier men Acno-Fight yang dikhususkan untuk melawan 12 masalah jerawat dan kulit berminyak. Beruntungnya klaim produk ini dalam melawan 12 masalah jerawat dan kulit berminyak berhasil pada kasus kulit wajahku. Selain itu, produk ini juga memiliki scrub yang halus sehingga dapat membersihkan pori pori pada kulit wajah Dan mencegah munculnya blackhead. sudah hampir tiga tahun lebih menggunakan produk ini dan sampai sekarang masih efektif dan cocok dikombinasikan dengan produk skin care lainnya.


Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Karena terlalu sering aktivitas diluar, aku coba ganti produk facewash yang gentel yang hasilnya gak bikin wajah jadi kering. Tapi entah kenapa, semenjak menggunakan Cetaphil bagian hidung jadi sering muncul komedo (blackhead) yang kasar - kasar, seminggu minimal harus scrub itupun juga tidak bisa bersih maksimal. Akhirnya balik lagi ke Garnier Man Acno-Fight Anti Acne Scrub, udah emang juaranya. Mungkin karna jenis kulitku kombinasi dan Cetaphil lebih cocok ke kulit normal dan kering.

Setiap orang tentunya akan berbeda, tidak semua produk akan menghasilkan efek yang sama. Yang terpenting adalah, untuk tidak gegabah memilih jenis produk cleanser dan berhati - hati ketika dirasa produk tersebut memberikan efek samping ketika penggunaanya yang menyebabkan kulit menjadi iritasi (breakout).

Syukur syukur bisa cocok dengan produk yang diproduksi oleh Garnier, selain harganya yang cukup bersahabat di kantong juga mudah ditemukan. semoga informasi ini bermanfaat untuk teman teman yang baru atau ingin mencoba sedikit peduli untuk merawat kulit wajah yang bermasalah. Cukup sekian artikel kedua dari seri My Acne Story, sampai bertemu lagi di tulisan-tulisanku yang lainnya, see you!




Diberdayakan oleh Blogger.